Kamis, 24 Mei 2012

Mengenal Ceremai dan Manfaatnya

Ceremai (Phyllanthus acidus [L.] Skeels)
1. Nama tanaman
Ceremai, Cereme (Indonesia); Otaheite gooseberry, Malay gooseberry (Inggris); Cermai (Melayu); Ma-yom (Thailand).

2. Klasifikasi :
Divisi : Spematophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Euphorbiales
Suku : Euphorbiaceae
Marga : Phyllanthus
Jenis : Phyllanthus acidus (L.) Skeels

3. Uraian tanaman
Habitus : pohon, tinggi ± 10 cm. Batang : tegak, bulat, berkayu, mudah patah, kasar, percabangan monopodial, coklat muda. Daun : majemuk, lonjong, berseling, panjang 5-6 cm, lebar 2-3 cm, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, pertulangan menyirip, halus, tangkai silindris, panjang ± 2 cm, hijau muda. Bunga : majemuk, bulat, di ranting, tangkai silindris, panjang ± 1 cm, hijau muda, kelopak bentuk bintang, halus, mahkota merah muda. Buah : bulat, permukaan berlekuk, kuning keputih-putihan. Biji : bulat pipih, coklat muda. Akar : tunggang, coklat muda (Hutapea, 1994)

4. Kandungan Kimia
  • Buah mengandung vitamin C.
  • Daun, kulit batang, dan kayu mengandung saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol. 
  • Daun Ceremai berkhasiat sebagai peluruh dahak, pencahar (purgatif), mual, kanker, dan sariawan.
  • Akar mengandung saponin, asam galus, zat samak, dan zat beracun (toksik).
4. Manfaat Ceremai untuk Kesehatan


Ceremei dapat juga dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Cermai juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman penyegar. Daun mudanya dapat digunakan sebagai lalap.
Selain itu ceremei memiliki aneka manfaat sebagai tanaman herbal (obat tradisional). Menurut dr. Setiawan Dalimartha dalam buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid I, beberapa khasiat ceremei antara lain untuk mengobati kanker, melangsingkan tubuh, mengobati asma, dan mengobati sembelit.
  • Untuk mengobati kanker, rebuslah 1/4 genggam daun ceremai muda, 1/3 genggam daun belimbing, 1/2 jari bidara upas, 1/2 jari gadung cina dan 3 jari gula enau dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 3/4nya. Setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari masing – masing 3/4 gelas.
  • Sedangkan jika ingin melangsingkan tubuh, caranya, rebus beberapa daun ceremai secukupnya dengan air secukupnya pula, kemudian minum air rebusan tersebut. Namun jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu yang lama karena efek dari kandungan daun ceremai bekerja sangat kuat.
  • Ceremei juga dapat mengobati asma, yaitu dengan cara, tumbuk 6 buah biji ceremai, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam akar kara, 8 butir buah lengkeng , kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa sekitar 11/2 gelas. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing – masing 3/4 gelas.
  • Manfaat lain adalah untuk mengobati Sembelit. Caranya, giling halus 3/4 sendok teh biji ceremai, kemudian seduh dengan 1/2 cangkir air hangat dan tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata dan minum sekaligus, lakukan 2 kali sehari.
Vongvanich et al (2000) melaporkan penemuan senyawa glikosida Norbisabolane yaitu Phyllanthusols A and B yang bersifat sitotoksik terhadap BC dan KB cell lines. Phyllanthusols A (1) dan B (2) menunjukkan sitotoksisitas terhadap  BC (EC50 pada 4.2 dan 4.0 μg/mL untuk 1 and 2, masing-msaing) dan KB (EC50 pada 14.6 dan 8.9 μg/mL untuk 1 dan 2, respectively) cell lines, sedangkan aglikon 3 dan sakarida 4 tidak menunjukkan efek toksik. Senyawa ini ada dalam tanaman dengan karadar yang cuku p tinggi  (ca. 1 mg/g berat basah) dan senyawa sitotoksik glikosida norbisabolane g 1 pada akar  P. acidus, yang mungkin bertanggung jawab terhadap penyakit kronis ketika sesorang meminum ektrak akar tanaman ini. Di Thailand, akar tanaman dimanfaatkan sebagai rehabilitasi dari seseorang yang kecanduan alkohol. Pengobatan ini sangat efektif, namun dapat menimbulkan efek samping kronis yang cukup serius.

Sumber :  
  • http://www.ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=116 
  • Dalimartha, dr setiawan; Atlas Tumbuhan Obat Indonesia (via books.google.co.id
  • www.plantamor.com/index.php?plant=987 

Kini telah hadir paduan Green Tea dan Daun Ceremai yang berkhasiat membantu menurunkan kadar lemak tubuh... Nikmati kesegaran dan kemudahan saat menyeduhnya dalam 25 kantong 
Teh Celup Ceremai Green Tea
 Harga : Rp. 30.000

Pemesanan : 
Lihat Cara Pemesanan dan Kirim via Order Form atau sms ke 085245226785 (Umar)


1 komentar: